Alur Pelaksanaan Skripsi Program Studi Ilmu Kelautan

PELAKSANAAN SKRIPSI

PENGAJUAN TOPIK SKRIPSI DILAKUKAN SECARA ONLINE PADA TAUTAN BERIKUT:
(https://bit.ly/PengajuanTopikSkripsiIK)
*Formulir usulan perlu dicetak dan ditanda-tangani oleh pembimbing akademik

SYARAT PENGAJUAN TOPIK SKRIPSI
  1. Pengajuan topik skripsi bersifat pilihan bagi mahasiswa yang berencana mempersiapkan tema skripsi lebih awal dan berkaitan dengan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL)/MBKM (Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka) atau terlibat dalam penelitian.
  2. Pengajuan topik skripsi dapat dilakukan oleh mahasiswa minimal semester 6.
  3. Mahasiswa yang disetujui topik skripsinya tetap melakukan pengajuan judul dan dosen pembimbing skripsi setelah 116 sks terpenuhi.
PENGAJUAN JUDUL DAN PEMBIMBING SKRIPSI DILAKUKAN SECARA ONLINE PADA TAUTAN BERIKUT:
(http://bit.ly/PengajuanJudulPembimbingSkripsi)
*Formulir usulan perlu dicetak dan ditanda-tangani oleh pembimbing akademik
*Batas pengajuan berkas pengusulan paling lambat Pukul 10.00 WITA, pada hari Selasa dan Kamis

SYARAT PENGAJUAN JUDUL DAN PEMBIMBING SKRIPSI
Mahasiswa yang mengajukan skripsi atau ujian skripsi wajib memenuhi semua persyaratan administrasi dan akademik yang diperlukan.
Persyaratan administrasi dimaksud adalah:
  1. Terdaftar secara sah sebagai mahasiswa Fakultas Pertanian Unram dan telah membayar semua biaya administrasi yang diperlukan, dan
  2. Memprogramkan skripsi pada KRS.
Persyaratan akademik yang harus dipenuhi adalah:
  1. Telah mencapai jumlah sks lulus sekurang-kurangnya 116 sks (mengacu pada Buku Pedoman Akademik Fakultas Pertanian Unram).
  2. Memiliki IPK ≥ 2,00 dengan nilai D dan D+ maksimal 15 sks,
  3. Telah lulus semua mata kuliah umum (Bahasa Indonesia, Pancasila, Kewarganegaraan, dan Pendidkan Agama) dan Metode Ilmiah dengan nilai sekurang-kurangnya C.
PENGUMUMAN HASIL RAPAT KOMISI SKRIPSI DIDAPATKAN MELALUI TAUTAN BERIKUT: KETERANGAN
  1. Komisi skripsi melaksanakan rapat komisi setiap hari Selasa dan Kamis dan hasilnya diumumkan Pukul 15.00 WITA pada hari yang sama.
  2. Batas pengajuan berkas pengusulan paling lambat Pukul 10.00 WITA, pada hari yang sama dengan pelaksanaan rapat komisi.
  3. Batas melengkapi berkas pengisian undangan pelaksanaan kolokium, seminar dan ujian skripsi adalah setiap hari Rabu dan Jumat Pukul 9.00 WITA
  4. Pelaksanaan kolokium, seminar dan ujian skripsi paling cepat 3 hari kerja setelah pengumuman hasil rapat komisi.
KARTU KONSULTASI BIMBINGAN SKRIPSI DAPAT DIPEROLEH DI ADMIN PROGRAM STUDI* ATAU DAPAT DICETAK SECARA MANDIRI* DENGAN TAUTAN BERIKUT:
(Kartu Bimbingan Skripsi)
*Admin Program Studi berada di Ruang Dosen Prodi Ilmu Kelautan (Ibu Mumu)
*Kartu bimbingan skripsi dicetak pada kertas buffalo (ukuran kertas F4) berwarna kuning
KARTU PESERTA KOLOKIUM DAN SEMINAR SKRIPSI DAPAT DIPEROLEH DI ADMIN PROGRAM STUDI* ATAU DAPAT DICETAK SECARA MANDIRI* DENGAN TAUTAN BERIKUT:
(Kartu Peserta Seminar Skripsi)
*Admin Program Studi berada di Ruang Dosen Prodi Ilmu Kelautan (Ibu Mumu)
*Kartu bimbingan skripsi dicetak pada kertas buffalo (ukuran kertas F4) berwarna kuning
PENGAJUAN KOLOKIUM SKRIPSI DILAKUKAN SECARA ONLINE PADA TAUTAN BERIKUT:
(https://bit.ly/FormulirPengajuanKolokium)
*Formulir permohonan kolokium perlu dicetak dan ditanda-tangani oleh dosen pembimbing 1 dan 2
*Batas pengajuan berkas pengusulan paling lambat Pukul 10.00 WITA, pada hari Selasa dan Kamis
PENGUMUMAN HASIL RAPAT KOMISI SKRIPSI DIDAPATKAN MELALUI TAUTAN BERIKUT:
(Pengumuman persetujuan pelaksanaan kolokium)
*Hasil rapat komisi skripsi diumumkan setiap hari Selasa dan Kamis Pukul 15.00 WITA
SYARAT PELAKSANAAN KOLOKIUM:
  1. Undangan Pelaksanaan Kolokium diisi oleh mahasiswa pada tautan berikut (undangan kolokium)
    • Isian tautan (hari/tanggal, waktu, tempat, moderator) diketahui melalui tautan pengumuman pelaksanaan kolokium diatas)
    • Batas Pengisian tautan undangan kolokium diatas adalah Pukul 9.00 WITA, setiap hari Rabu dan Jumat
    • Berkas undangan dapat diambil oleh mahasiswa (masa tunggu 1 hari) di Admin Prodi (Ibu Mumu) untuk diserahkan kepada dosen pembimbing dan moderator oleh mahasiswa yang bersangkutan
  2. Berkas pelaksanaan kolokium
    • Draft Proposal Skripsi (dicetak sebanyak 3 eksemplar dan diserahkan kepada dosen pembimbing 1, pembimbing 2 dan moderator)
    • File presentasi yang telah disetujui oleh dosen pembimbing 1 dan 2 (disiapkan secara elektronik untuk disampaikan pada pelaksanaan kolokium)
    • Berita Acara, Formulir Penilaian dan Daftar Hadir Kolokium dapat dicetak mahasiswa melalui tautan berikut (berkas kolokium)
PENGAJUAN SEMINAR HASIL SKRIPSI DILAKUKAN SECARA ONLINE PADA TAUTAN BERIKUT:
(https://bit.ly/Pengajuan-Seminar-Hasil-IK)
*Formulir permohonan seminar hasil perlu dicetak dan ditanda-tangani oleh dosen pembimbing 1 dan 2
*Batas pengajuan berkas pengusulan paling lambat Pukul 10.00 WITA, pada hari Selasa dan Kamis
PENGUMUMAN HASIL RAPAT KOMISI SKRIPSI DIDAPATKAN MELALUI TAUTAN BERIKUT: (Pengumuman persetujuan pelaksanaan seminar) *Hasil rapat komisi skripsi diumumkan setiap hari Selasa dan Kamis Pukul 15.00 WITA SYARAT PELAKSANAAN SEMINAR HASIL SKRIPSI:
  1. Undangan Pelaksanaan Seminar Hasil diisi oleh mahasiswa pada tautan berikut (undangan seminar hasil)
    • Isian tautan (hari/tanggal, waktu, tempat, moderator) diketahui melalui tautan pengumuman persetujuan pelaksanaan seminar hasil diatas).
    • Batas Pengisian tautan undangan seminar hasil diatas adalah Pukul 9.00 WITA, setiap hari Rabu dan Jumat
    • Berkas undangan dapat diambil oleh mahasiswa (masa tunggu 1 hari) di Admin Prodi (Ibu Mumu) untuk diserahkan kepada dosen pembimbing dan moderator oleh mahasiswa yang bersangkutan
  2. Berkas pelaksanaan seminar hasil
    • Draft Skripsi (dicetak sebanyak 3 eksemplar dan diserahkan kepada dosen pembimbing 1, pembimbing 2 dan moderator)
    • File presentasi yang telah disetujui oleh dosen pembimbing 1 dan 2 (disiapkan secara elektronik untuk disampaikan pada pelaksanaan seminar hasil)
    • Ringkasan naskah seminar hasil penelitian (maksimal 2 halaman) dibagikan dalam bentuk: a. Soft file (QR code saat pelaksanaan seminar hasil yang ditampilkan pada slide presentasi); atau b. Hardfile (sebanyak 10 eksemplar)
    • Berita Acara, Formulir Penilaian dan Daftar Hadir dapat dicetak mahasiswa melalui tautan berikut (berkas seminar hasil)
PENGAJUAN UJIAN SKRIPSI DILAKUKAN SECARA ONLINE PADA TAUTAN BERIKUT:
(https://bit.ly/Pengajuan_UjianSkripsi_Prodi_IK)
*Formulir permohonan ujian skripsi perlu dicetak dan ditanda-tangani oleh dosen pembimbing 1 dan 2
*Pengajuan ujian skripsi memerlukan sertifikat hasil TOEFL minimal skor 400
*Batas pengajuan berkas pengusulan paling lambat Pukul 10.00 WITA, pada hari Selasa dan Kamis
PENGUMUMAN HASIL RAPAT KOMISI SKRIPSI DIDAPATKAN MELALUI TAUTAN BERIKUT:
(Pengumuman persetujuan pelaksanaan ujian skripsi)
*Hasil rapat komisi skripsi diumumkan setiap hari Selasa dan Kamis Pukul 15.00 WITA
SYARAT PELAKSANAAN UJIAN SKRIPSI:
  1. Undangan Pelaksanaan Ujian Skripsi diisi oleh mahasiswa pada tautan berikut (undangan ujian skripsi)
    • Isian tautan (hari/tanggal, waktu, tempat, moderator) diketahui melalui tautan pengumuman persetujuan pelaksanaan ujian skripsi diatas).
    • Batas Pengisian tautan undangan ujian skripsi diatas adalah Pukul 9.00 WITA, setiap hari Rabu dan Jumat
    • Berkas undangan dapat diambil oleh mahasiswa (masa tunggu 1 hari) di Admin Prodi (Ibu Mumu) untuk diserahkan kepada dosen pembimbing dan penguji oleh mahasiswa yang bersangkutan
  2. Berkas pelaksanaan ujian skripsi
    • Draft Skripsi (dicetak sebanyak 3 eksemplar dan diserahkan kepada dosen pembimbing 1, pembimbing 2 dan penguji)
    • File presentasi yang telah disetujui oleh dosen pembimbing 1 dan 2 (disiapkan secara elektronik untuk disampaikan pada pelaksanaan kolokium)
    • Berita Acara, Formulir Penilaian dan Daftar Hadir ujian skripsi dapat dicetak mahasiswa melalui tautan berikut (berkas ujian skripsi)
TEMPLATE PROPOSAL DAN SKRIPSI DAPAT DIUNDUH MELALUI TAUTAN BERIKUT:
https://bit.ly/dokumendownload
PENGAJUAN PERUBAHAN JUDUL SKRIPSI DILAKUKAN SECARA ONLINE PADA TAUTAN BERIKUT:
(https://bit.ly/Perubahan_Judul_IK)
*Formulir pengajuan perubahan judul perlu dicetak dan ditanda-tangani oleh dosen pembimbing 1 dan 2